Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 174
Pengunjung Bulan ini : 332
Total Pengunjung : 5418

Produk Unggulan

GULA MERAH


Salah satu bagian dari produk unggulan Desa

Desa Teluk Nangka – Desa Teluk Nangka Merupakan desa yang berada diwlayah Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya Propinsi Kalimantan Barat. Masyarakat Desa Teluk Nangka mayoritas mengandalkan dari hasil pertanian dan perkebunan, diataranya adalah pertanian pangan dan perkebunan Kelapa Hibrida program TCSDP pada tahun 1990, dimana masyarakat memiliki sumber pendapatan tambahan dari hasil kebun kelapa yang diolah menjadi produk unggulan Gula Merah.

Proses pembuatan gula merah awalnya adalah dipastikan Pohon Kelapa dalam kondisi Subur dengan menggunakan pupuk rutin yang cukup minimal tiga kali dalam satu tahun.

Petani melakukan pengambilan air nira atau bisa disebut air LEGEN, air nira/ Legen diambil dari pohon dalam satu hari dua kali. Agar air nira tidak basi petani mencampur dengan air kapur atau kulit kayu resak dan bisa juga menggunakan galih pohon nangka.

Dari hasil air nira yang dikumpulkan dari beberapa pohon kemudian dilakukan penyaringan dan dimasukkan dalam kuwali rata-rata ukuran enam puluh liter dan direbus selama kurang lebih 5 sampai dengan 6 jam sampai mengental berwarna Coklat.

Setelah itu didinginkan dan diaduk kurang lebih selama 30 menit kemudian dicetak sesuai dengan permintaan konsumen.

Sehingga dalam 60 liter air nira/ legen  dapat menghasilkan dua belas kilo gram gula merah siap jual dengan harga / kg Rp.7000, - Rp.9000,-


Share :  

Gambar Lainnya